Sterilisasi di Usia Muda - Dr Boyke

Sterilisasi di Usia Muda

Dokter Boyke...
Saya seorang ibu rumah tangga dengan dua anak berusia 5 tahun dan 1
tahun. Bulan depan, usia saya genap 31 tahun. Dok, rencananya saya dan
suami hanya ingin memiliki dua anak. Tetapi, untuk menggunakan
alat kontrasepsi, saya masih takut, soalnya saya mempunyai kelainan
jantung bawaan. Apakah wanita seusia saya boleh disterilisasi? Apakah
sterilisasi ini berdampak pada hubungan seksual?
Maksudnya, apa saya juga mudah mendapatkan orgasme seperti terjadi
selama ini. Untuk suami, apakah ada bedanya antara perempuan yang
telah steril dengan belum? Apakah sterilisasi ini hasilnya 100 persen
mampu mencegah kehamilan? Hal apa saja yang membuat sterilisasi tidak
berjalan sesuai dengan harapan,
misalnya tiba-tiba saya hamil? Saya tunggu jawaban secepatnya. Soalnya,
saya saat ini tidak menggunakan alat kontrasepsi satu pun dan saya takut
hamil lagi...
Puri Intana, Jl Gelatik , Desa Sawah Lama, Ciputat

Jawab:
Sterilisasi adalah metode kontrasepsi permanent artinya kesuburan tidak
bisa kembali lagi. Jika memang anda hanya merencanakan dua anak saja,
tidak ada salahnya mengikuti kontrasepsi dengan cara steril. Banyak mitos
diseputar tindakan sterilisasi, seperti hilangnya gairah, tidak bisa orgasme
dan lain-lain.
Perlu diketahui bahwa pada tindakan sterilisasi sebenarnya merupakan
tindakan tubektomi (pemotongan dan pengikatan saluran telur), sementara
indung telur tidak diapa apakan, artinya fungsi indung telur
sebagai penghasil hormon estrogen dan progesteron
tidak terganggu. Untuk itu wanita masih bisa mendapatkan gairah
seks maupun orgasme sama dengan wanita yang tidak melakukan
sterilisasi, keberhasilan mencegah kehamilan pada sterilisasi adalah
hampir 100 persen. Biasanya kesalahan sterilisasi adalah memotong
dan mengikat ligamentum yang disangka sebagai tuba (saluran telur). Bisa
saja terjadi penyambungan kembali saluran telur yang sudah dipotong dan
diikat, namun hal tersebut sangat jarang terjadi. Jadi saya kira
memilih sterilisasi untuk KB anda boleh saja dilakukan.

Sumber : Suara Karya

Tidak ada komentar: